01 September, 2009

About Blog

Secara umum Blog merupakanfenomena yang sedang berkembang di dunia maya saat ini. Banyak orang, dan bahkan juga perusahaan, yang membuat blog. Pengalaman dan ide-ide baru sekarang menemukan bentuk yang baru sebagai medianya, yaitu blog.

Apa itu blog ? What,
Blog adalah sebuah situs yang berisikan tulisan-tulisan menurut tanggal, yang biasanya berisi ide, opini, atau pengalaman penulisnya. Dengan kata lain dapat juga dikatakan bahwa blog adalah semacam buku harian (jurnal) online. Berbagai definisi blog menurut Google anda bisa langsung mengaksesnya sendiri.

Siapa yang membuat blog ? Who,
Siapa saja bisa membuat blog, baik secara pribadi, kelompok, maupun organisasi. Blog Jendela Informasi ini misalnya, merupakan blog pribadi saya. Contoh blog untuk kelompok adalah blog Belajar Online di mana semua mahasiswa yang berpartisipasi dapat ikut menulis.

Mengapa membuat blog ? Why,
Blog memungkinkan kita untuk berbagi pengalaman, ide, opini, pemikiran dan perasaan dengan orang lain. Kita bebas mengekspresikan diri kita. Sebagai contoh, dalam blog ini saya menuangkan informasi walaupun Cuma sedikit, sesuatu yang sangat saya minati. Blog juga bisa dipakai untuk saling berbagi di antara sekelompok teman. Dengan saling membaca blog, kita jadi bisa saling mengetahui kisah masing-masing. Sedangkan bagi perusahaan, blog dapat dipakai untuk menyuarakan sikap, menjelaskan produk, dan membagikan kultur perusahaan.

Kapan membuat blog ? When,
Kapan saja kita mau. Tidak ada batasan karena blog memang merupakan ekspresi dari diri kita masing-masing.

Di mana bisa membuat blog ? Where,
Ada banyak situs yang menyediakan fasilitas untuk membuat blog secara gratis, di antaranya adalah Blogger, , Multiply Masih banyak situs lain yang juga menawarkan fasilitas untuk membuat blog. Kita bisa membuat blog di situs-situs tersebut.

Bagaimana cara membuat blog ? How,
Setiap situs memiliki caranya sendiri-sendiri, namun secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa caranya sangatlah mudah dan cepat. Di Blogger misalnya, blog baru dapat dibuat hanya dalam tiga langkah, yaitu membuat account, menamai blog, dan memilih bentuk tampilan (template) dari blog. Kita akan dipandu langkah demi langkah sampai blog kita jadi.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar yang bersifat membangun.....Thx

  © Blogger templates 'Neuronic' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP